Di zaman yang berkembang cepat ini, kita juga sebagai pelaku usaha di wajibkan tahu langkah promosi di Facebook (terutama di kesempatan ini) serta media sosial yang lain. Ada cara-cara yang bakal paparkan pada kesempatan ini serta semoga jadikan usaha anda berkembang dan dikenal oleh khalayak ramai yang lain. Saat sebelum kita bicara teknisnya, saya bakal sedikit memberi data tentang facebook yang melatarbelakangi sebenarnya promosi lewat facebook sangatlah mungkin, tersebut data terupdate th. 2014 :
Dengan cara global, Facebook saat ini mempunyai 1, 28 miliar pemakai aktif tiap-tiap bln.. Terkecuali Indonesia, India serta Brasil juga adalah negara dengan perkembangan pemakai yang cukup tinggi. Dari jumlah itu, 34 % salah satunya terhubung Facebook dari piranti bergerak.
Dengan cara spesial, jumlah semua pemakai Facebook yang ada di Indonesia saat ini meraih 69 juta orang. Pernyataan resmi diatas dikeluarkan oleh kepala Facebook Indonesia, Anand Tilak, seperti diambil VentureBeat. Walau sebenarnya, enam bln. pada awal mulanya, jumlah pemakai Facebook di Indonesia hanya 65 juta orang. Ini berarti ada kenaikan seputar 6%.
Indonesia disadari juga sebagai salah satu pasar paling besar untuk Facebook. Bakal tetapiironisnya, walau jumlah pemakainya selalu berkembang banyak, akses orang pada Internet masih tetap minim. Instansi penelitian Nielsen mencatat, dari 240 juta masyarakat Indonesia, cuma 23% yang mempunyai handphone pandai (Smartphone) yang dapat dipakai untuk buka Facebook.
Tersebut statistik pemakai sosmed Linkedin, google plus, twitter, facebook, dan lain-lain yang saya bisa di bebmen.com
Dari data diatas bisa kita simpulkan, facebook juga sebagai pemakai yang paling banyak dari sosmed yang lain.
Langkah Promosi di Facebook
Dari data diatas, saya ingin anda telah mempunyai deskripsi argumen kenapa butuh promosi di facebook itu sangatlah utama untuk meningkatkan usaha. Oke, segera saja kita ulas langkah promosi di facebook :
1. Up-date Status
Langkah promosi di facebook yang pertama adalah up-date status, di sini anda dapat mengerjakannya dengan account pribadi atau account spesial nama merk yang mau dijual, namun saya tak mempersoalkan ini lantaran yang terutama yaitu audience atau rekan-rekan anda di facebook sesuai sama tujuan yang bakal lihat status (jualan) yang anda catat.
Anda dapat dengan aliran hard selling maupun soft selling, lantaran semasing ada kelebihannya serta tak kelirunya memadukan, yang terutama yaitu berlangsung penjualan/closing. Di sini tak sembarang rekan yang kita add, namun yaitu rekan-rekan yang sesuai sama tujuan market serta memanglah aktif di facebook, langkahnya berlanjut dibawah.
2. Mencari Rekan Sesuai sama Target
Langkah promosi di facebook yang ke dua adalah mencari rekan sesuai sama tujuan, kenapa? Ini dari kiat kelanjutan yang diatas yakni “update status”. Butuh diperhatikan sekali lagi, sebenarnya saat kita menulis status (jualan) jadi yang bakal lihat yaitu rekan-rekan facebook, untuk tersebut pentingnya mencari rekan yang sesuai sama tujuan market apa yang bakal kita jual.
Langkah pertama adalah mencari fanspage maupun group yang terkait dengan apa yang mau dijual, langkah mencarinya di tab pencarian facebook, seperti misal dibawah ini :
Umpamanya anda mau jual jersey (spesial juventus), anda tinggal mencari penggemar club juventus, lalu click kanan (open link in new tab) sisi like maupun berbagi, kelak bakal keluar beberapa orang yang me like atau me berbagi, lantas add satu persatu. Misal penampakan dibawah ini :
Kenapa kita me add cuma sisi like atau berbagi saja? Walau sebenarnya yang me like fanspage itu hingga 112. 860 likes. Lantaran tak seluruhnya yang me like fanspage itu aktif di facebook, untuk tersebut kita cuma me add yang me like serta me berbagi status, lantaran mereka pasti aktif serta penggemar sejati club juventus itu.
Bila kita sudah memperoleh rekan yang tertarget serta aktif jadi up-date status yang kita kerjakan akan tidak percuma. Butuh di perhatikan, sebenarnya itu cuma misal dari penjual jersey juventus. Bila anda jual tas-tas, anda dapat mencari fanspage maupun group yang terkait dengan jualan anda meskipun itu saingan.
NB : Janganlah terlampau banyak me add rekan, max 15 orang /hari. Lantaran bakal di blokir facebook untuk meminta pertemanan bila terlampau banyak kita beraktivitas itu.
3. Tingkatkan EdgeRank
Langkah promosi di facebook yang ketiga yaitu tingkatkan edgerank, intinya adalah agar tiap-tiap tulisan itu tampak di news feed atau home seluruhnya rekan FB anda meskipun 10 atau 15 jam waktu lalu anda postingnya. Bila rekan FB anda ada 2500, jadi rekan yang 2500 itu bakal lihat seluruhnya. Di antara anda mungkin saja pernah memikirkan kenapa tak seluruhnya tulisan rekan anda tampak di facebook? Itu lantaran edgerank yang rendah.
Kesempatan ini saya tak mengulas panjang lebar tentang edgerank, namun bagaimanakah CARA nya agar tampak seluruhnya tulisan kita.
a. Teratur Memposting
Saat kita teratur memposting, jadi rekan-rekan yang kita tujuan itu bakal lihat selalu serta yang pasti mereka bakal sukai, lantaran kita sudah memposting hal yang menarik tentu. Dari misal di atas, kita mentarget beberapa penggemar club Juventus serta jual jersey.
b. Sertakan Photo/Video/Link
Memasukkan unsur-unsur diatas adalah bermanfaat untuk menarik perhatian rekan-rekan kita agar mereka meklik photo/video/link yang kita menulis kan. Namun butuh diperhatikan poin yang paling tinggi adalah yang di bisa dari urutan pertama photo, ke-2 video, serta ke tiga link. Jadi di upayakan tiap-tiap tulisan anda menyertakan photo.
c. Peroleh berbagi, coment, serta like
Sesudah 2 langkah tingkatkan edgerank sudah anda kerjakan, jadi langkah terkahir yaitu peroleh sebanyak mungkin berbagi, coment, serta like. Point ini yaitu inti untuk memperoleh edgerank tinggi, jadi upayakan aktif serta jawab tiap-tiap pertanyaan (bila ada), ini bakal mengakibatkan dampak viral yang jadikan menyebar tulisan.
Kesimpulan
3 langkah promosi di facebook diatas adalah beberapa jurus yang sangatlah efekti untuk memajukan usaha anda, ada beberapa cara lain yang bisa kerjakan, seperti : bikin fanspage, promosi di group-grup, dan lain-lain. Konsentrasi dahulu pada 1 jurus, bila sudah bekerja jadi baru lanjut ke jurus-jurus yang lain.